VISI

Pada tahun 2029 menjadi pusat pengembangan pendidikan olahraga yang unggul dalam IPTEKS, inovatif dan memberi arah perubahan dengan menjunjung nilai-nilai keislaman.

Makna dari “menjadi  pusat  pengembangan  Pendidikan  Olahraga” adalah Program Studi Pendidikan Olahraga FKIP UMS bercita-cita menjadi pusat pengembangan ilmu olahraga dan penghasil calon tenaga pendidik   dibidang pendidikan jasmani, olahraga yang berkarakter dan memiliki wawasan kesehatan dalam pencegahan dan perawatan cedera olahraga, sehingga program studi pendidikan olahraga menjadi lembaga tujuan bagi masyarakat untuk belajar tentang pendidikan olahraga serta penanganan dan perawatan cedera olahraga. Hal tersebut terwadahi pada mata kuliah untuk mendukung di bidang pendidikan jasmani dan olahraga  yang  berkarakter.

Makna dari “unggul dalam IPTEKS (ilmu pengetahuan teknologi dan seni)” adalah seluruh civitas akademika Program Studi Pendidikan Olahraga FKIP UMS harus mampu mengintegrasikan kemajuan teknologi informasi ke dalam proses pengajaranuntuk kemajuan pendidikan olahraga. Langkah untuk mewujudkan unggul dalam IPTEKS adalah dengan penggunaan aplikasi berbasis LMS (Learning Management System) dan mata kuliah Teknologi pembelajaran yang khusus untuk pembelajaran keolahragaan berbasis IT.Sementara itu untuk menghasilkan mahasiswa yang unggul dalam seni.

Makna dari “inovatif dan memberi arah perubahan” adalah sebagai lembagapenghasil calon pendidik,civitas akademika Program Studi Pendidikan Olahraga FKIP UMS harus mampu berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman dalam melaksanakan kegiatan tri dharma perguruan tinggi,   sehingga mampu memberikan arah perubahan yang positif dalam pendidikan olahraga pada umumnya.

Makna dari “menjunjung nilai-nilai keislaman” adalah seluruh civitas akademika harus mampu menginternalisasi nilai Islam dalam proses pembelajaran dan pengajaran serta berperilaku sesuai dengan tuntunan Rosulullah SAW.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pelatihan, dan pembimbingan berbasis IPTEKS untuk menghasilkan calon tenaga pendidik dibidang Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang berkarakter JUARA (Jujur, Ulet, Aktif, Respek, dan Amanah) berlandaskan iman dan akhlak.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan IPTEKS yang inovatif untuk mendukung kemajuan di bidang Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan serta memberi arah perubahandalam rangka pengembangan sumber daya manusia.
  3. Mengimplementasikan  hasil   pendidikan   dan   penelitian   di   bidang Pendidikan Jasmani, Olahraga,dan Kesehatan dalam kegiatan pengabdian  kepada  masyarakat  dengan  menjunjung  nilai-nilai keislaman.

 

TUJUAN

Program Studi Pendidikan Olahraga FKIP UMS menetapkan tujuan sebagai berikut :

  1. Menghasilkan calon  tenaga    pendidik  di  bidang  Pendidikan  Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang unggul dalam IPTEKS, berkarakter JUARA (Jujur,  Ulet,  Aktif,  Respek  dan  Amanah)serta  berlandaskan  iman  dan akhak
  2. Menghasilkan  penelitian   untuk   mendukung   kemajuan   IPTEKS   yang inovatif di bidang Pendidikan Jasmani, Olahraga dan berwawasan Kesehatan dalam pencegahan dan perawatan cedera serta didukung menguasai keterampilan seni beladiri tapak suci untuk memberi arah perubahandalam rangka pengembangan sumber daya manusi
  3. Menghasilkan pengabdian  kepada  masyarakat  di  bidang  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan serta seni dengan menjunjung nilai-nilai keislam