Prodi POR menyelenggarakan sosialisasi olahraga baru yang mulai trend pada penggiat olahraga permaianan dan bola di jawa tengah. Rugby dan woodball menjadi pilihan dalam sosialisasi kali ini. Tajuk berkembang dan maju bersama prodi pendidikan olahraga menjalin kerjasama dengan Pengurus Provinsi Woodball dan Pengurus Provinsi Rugby.

Sosialisasi dilakukan pada rabu 10 oktober 2019 mulai pukul 07.00 s/d 17.00 WIB di Halaman Ruang Audit Muh. Djazman Kampus 1 UMS dan Lapangan Psikologi Kampus 2 UMS. Acara ini diikuti oleh 90 peserta dari mahasiswa semester satu, tiga, dan lima.

Olahraga dibawah naungan Indonesia Woodball Asssociation ( IWbA )  berasal dari taiwan ini masuk tahun 2006 yang diperkenalkan oleh Tandiono Jacky, dengan menyasar semua kalangan usia dari anak-anak hingga lanjut usia dapat memainkan olahraga bersifat santai dan mirip dengan golf. Woodball hanya butuh tongkat (mallet), bola, gawang kecil( gate), dan lintasan (fairway).

Pada sambutannya Ketua Program Studi Pendidikan Olahraga Bapak Nur Subekti, S.Pd.,M.Or mengungkapkan bahwa sosialisasi  ini merupakan bagian dari kontribusi dan komitmen Pendidikan Olahraga UMS dalam mendukung perkembangan olahraga di kawasan solo raya. “Sosialisasi ini merupakan wujud dari kerjasama mengenalkan perkembangan olahraga baru sekaligus memfasilitasi penyaluran dan pengembangan minat bakat olahraga mahasiswa dan masyarakat pada umumnya” ” lanjut Nur Subekti..

Lain lagi dengan Rugby yang turut mendampingi dari pengurus provinsi PRUI (Persatuan Rugby Union Indonesia) dalam aktifitasnya peserta langsung dibawa ke lapangan Spikologi UMS Kampus II. Setelah peserta diberikan pengantar dan perkenalan tentang Rugbi peserta langsung dibagi dalam 7 kelompok yang di pimpin masing-masing 1 leader. Mereka diajak melakukan teknik pegangan, lemparan, mempertahankan bola. Selanjutnya disajikan dalam bentuk permainan sederhana touch rugby dengan penjelasan mengenai peraturan permaianan (metode_learning by doing). Diakhir kegiatan peserta dikumpulkan untuk diajak berdiskusi mengenai teknik, taktik menyerang, bertahan dan cara memperoleh angka.

Harapan dari sosialisasi trend olahraga rugby dan woodball ini adalah terfasilitasinya minat, bakat, prestasi, dan wawasan tentang ruang lingkup olahraga pendidikan dan olahraga prestasi kepada mahasiswa.

 

Salam Olahraga JAYA!!!

Pendidikan Olahraga JUARA!!!

Post by. pi311@ums.ac.id