Surakarta, 5 September 2019

Kejuaraan Tapak Suci tingkat dunia untuk kali pertama sukses diselenggarakan di Surakarta, sebagai tuan rumah Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kejuaraan yang berlevel internasional melibatkan 14 negara peserta diantaranya Aljazair, Timor Leste, Singapura, Mesir, Taiwan, Pakistan, Jerman, Tunisia, Maroko, Belanda, Malaysia, thailand, Uganda, dan tuan rumah Indonesia.

The 1st Tapak Suci Word Championship 2019 mengusung tema “Dengan Kejuaraan Tapak Suci Kita Songsong Sukses Muktamar Muhammadiyah dan Aisyah 2020 serta Pencak Silat Menuju Olimpiade 2020”. Bertindak sebagai panitia teknis dilapangan dari awal perencanaan, persiapan, hingga pelaksanaan adalah mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tapak Suci UMS dan Mahasiswa Prodi Pendidikan Olahraga.

Perhelatan kejuaraan digelar selama 6 hari mulai 31 agustus sampai 5 september 2019 di Gedung Olahraga Sritek Arena dengan memperebutkan piala bergilir M. Barrie Irsyad, beliau adalah pendiri tapak suci sekaligus guru besar perguruan silat milik persyarikatan muhammadiyah. Dalam kejuaraan ini dipertandingkan 18 nomor kategori olahraga (11 putra dan 7 putri) dan 16 nomor kategori seni (8 putra, 7 putri dan 1 beregu). Sebagai juara umum adalah Kontingen Jawa Timur dengan perolehan total medali 6 emas, 10 perak, dan 2 perunggu diikuti oleh kontingen dari DIY dengan 6 emas, 2 perak, dan 4 perunggu.

post by. pi311@ums.ac.id