Sebanyak 126 peserta  mahasiswa semester 1 Program Studi Pendidikan Olahraga FKIP UMS mengikuti serangkaian kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan yang diselenggarakan selama dua hari di Edupark Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kegiatan yang diselenggarakan oleh HMP POR ini bertujuan untuk melatih mental serta menumbuhkan jiwa korsa mahasiswa POR angkatan 2018 . Kegiatan dimulai dengan apel pagi, yang diikuti oleh seluruh peserta, panitia serta dosen prodi Pendidikan Olahraga. Memimpin langsung upacara apel, ketua program studi Pendidikan Olahraga FKIP UMS, Nur Subekti, S.Pd., M.Or., berpesan agar kegiatan LDK ini dijadikan sebagai tradisi di Prodi Pendidikan Olahraga, dan untuk LDK yang akan datang harus lebih baik lagi.

“Mengapa jiwa korsa harus ditumbuhkan? Karena dalam dunia olahraga, kekompakan merupakan salah satu hal penting demi tercapainya sebuah prestasi, dan itu tidak datang dengan sendirinya, melainkan harus dilatih, salah satunya melalui kegiatan ini” ucap salah satu perwakilan panitia kegiatan, Furqon Fauzi. LDK juga bertujuan untuk melatih fisik mahasiswa por angkatan 2018, “kalau mentalnya bagus, tapi fisiknya jelek ya percuma, bukan mahasiswa POR namanya” ujar mahasiswa dari semester 3 ini. Kegiatan LDK memang kami rancang agar benar-benar efektif dalam melatih fisik dan juga mental para mahasiswa, sesuai dengan motto prodi por yaitu “JUARA”.

Beberapa lokasi strategis di kampus sengaja dijadikan sebagai pos-pos, contohnya pos 1 yang berada di kampus 4 dipakai untuk melatih kekompakan melalui berbagi games yang atraktif, pos 2 di kampus 2 dipakai untuk melatih kekuatan fisik, dan pos 3 di lapangan edupark sebagai lokasi untuk melatih jiwa korsa. Meskipun masih terdapat banyak kekurangan, kami segenap panitia LDK tahun 2018 berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak yang positif, mahasiswa POR harus semakin JUARA, kuat secara jiwa dan raganya.

 

 

 

 

 

hmp post. fathur.idn@gmail.com