Semarang, 21 desember 2018

Bola tangan atau handball masuk olahraga popular di indosensia. Kali ini 7 orang mahasiswa dan 1 dosen Pendidikan Olahraga FKIP UMS mengambil perwasitan bola tangan lisensi C di POP Hotel, jl Simpang, Sekayu, Semarang. Pengurus Provinsi Asosiasi Bola Tangan Indonesia (Pengprov ABTI) Jawa Tengah mengadakan pelatihan perwasitan lisensi C. Kegiatan berlangsung 3 hari mulai tanggal 21 desember sampai 23 desember 2018. Peserta dari unsur mahasiswa, guru olahraga, atlet handball, dan sebagian dari umum.

Materi yang disampaikan berhungan dengan, informasi perkembangan handball di Indonesia, di Provinsi, dan di daerah tingkat Kabupaten/Kota. Selain itu materi dasar permainan, metal wasit, dan game of the rule juga disampaikan. Fasilitator pelatihan sendiri dari Pengurus Provinsi Bidang Perwasitan diantaranya  M.Zaki Mustofa,S.Pd, Ahmad Ali Ghufran, Lisiana,M.Pd.,Muhlisin,M.Pd.

Mahasiswa Pendidikan Olahraga memiliki perhatian pada olahraga bola tangan dengan melihat peluang bahwa cabang bola tangan sudah dipertandingkan di tingkat Nasional bahkan Internasional. Pelatihan ini menjadikan mahasiswa Pendidikan Olahraga bisa menjadi wasit bola tangan. Seperti yang dikatakan Nur Subekti, bahwa Program Studi dalam pencapaian profil lulusan salah satunya adalah menjadi wasit pertandingan cabang olahraga. Sebagai tindak lanjutnya adalah dosen dan mahasiswa mampu mengembangkan olahraga handball ini kearah kejuaraan dan prestasi.

 

post by. pi311@ums.ac.id